Tutorial AR - Tutorial Digital (Part 1) - Sekilas Digital

Sekilas Digital

Informasi Teknologi dan Dunia Digital dalam Sekilas

Supported by AZ Media

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tutorial AR - Tutorial Digital (Part 1)

Tutorial AR - Tutorial Digital (Part 1)

Share This

Tutorial membuat Augmented Reality


1. Membuat project baru di Unity



Langkah pertama untuk membuat AR menggunakan Unity adalah membuka Unity, kemudian membuat project baru. Untuk membuat project baru dapat melalui File -> New Project.

  1. Mengubah Platform Project


Untuk membuat AR, karena kita menggunakan Android maka kita harus mengubah platform project menjadi Android. Untuk mengubah platform project dapat melalui File -> Build Settings -> kemudian pilih Android -> pilih Switch Platform.


  1. Mengatur Player Settings
Untuk melakukan pengaturan pada Player Settings, masih pada Build Settings -> kemudian pilih Player Settings. Maka pada bagian kanan workspace atau windows akan muncul pengaturan seperti pada gambar dibawah. Kemudian atur Company Name, Product Name dan Build Identifier.



  1. Mengunduh Vuforia Unity Extension

Untuk dapat mengunakan layanan vuforia pada unity, kita harus mengunduh Ekstensi yang disediakan dari vuforia untuk unity terlebih dahulu. Untuk mengunduh ekstensi tersebut, masuk dan login pada halaman vuforia -> kemudian masuk pada tab “Download” -> kemudian pilih Download Unity Extension (Legacy).

  1. Memasang ekstensi yang telah didownload
Setelah mengunduh package ekstensi dari vuforia, buka file tersebut dengan cara double klik file tersebut. Kemudian akan muncul jendela untuk mengimport package. Pilih “All”, kemudian pilih “Import”.


  1. Memasukkan AR Camera dan Image Target

Langkah selanjutnya adalah memasukkan AR Camera dan ImageTarget kedalam Hierarchy. AR Camera dan ImageTarget berada pada folder Vuforia -> Prefabs, pilih kedua file tersebut kemudian drag kedalam Hierarchy.

  1. Definisi Marker









Untuk mendefinisikan marker, pilih ImageTarget pada hierarchy, kemudian pada bagian kanan workspace ada bagian “No target defined. Press here for target creation!”. Klik pada button tersebut maka kita akan diarahkan pada halaman Vuforia. Di halaman vuforia pilih tab develop, kemudian pada tab License Manager pilih Get Development Key.


Setelah memilih Get Development Key, kemudian akan diminta untuk memasukkan App Name. kemudian pilih “Confirm”



8. Menambahkan License key yang telah dibuat



Setelah mendapat License Key, klik pada License Key yang telah dibuat maka akan muncul license key yang dapat di copy ke aplikasi AR kita. Copy semua license key yang ada, kemudian buka unity -> klik pada AR Camera -> kemudian pastekan pada License Key yang ada di Vuforia Behavior *Jika tidak muncul, klik Open Vuforia Configuration.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages